Kalkulator Surveyor   8 comments


Penggunaan kalkulator banyak membantu seorang surveyor dalam pekerjaan pengukuran di lapangan. Ada beberapa jenis perhitungan yang dibutuhkan oleh seorang surveyor dalam bidang pekerjaan jalur transmisi, yaitu perhitungan POLYGON, TRANSFORMATION, dan SETTING-OUT.

Penulis telah mengembangkan program-program perhitungan tersebut dengan menggunakan bahasa JavaScript yang disimpan kedalam format HTML. File tersebut dapat di download, dan disimpan kedalam file komputer dan bisa dijalankan pada browser Internet Explorer, Mozilla Firefox atau Google Chrome, dan dapat juga file disimpan ke dalam Hand Phone atau Smart Phone yang mendukung HTML seperti pada HP Nokia dengan Symbian OS, atau merek lain yang mendukung format HTML (bukan XML atau XHTML). Pemakaian HP tentu beralasan dikarenakan barang yg satu ini jadi barang wajib yg selalu dibawa-bawa  untuk keperluan komunikasi saat ini. Untuk mengecek spesifikasi HP atau Ponsel sebaiknya kunjungi website ini.

1. Perhitungan Polygon

Perhitungan Polygon bertujuan untuk memperoleh koordinat (x,y) dari hasil bidikan (aim) instrumen pada suatu target, atau katakanlah pada posisi objek. Instrumen yang dimaksud adalah Total Station.

Sebagai contoh, bila posisi instrumen dengan koordinat (Xi,Yi) telah diketahui, dan diketahui pula koordinat belakang atau backsight yaitu (Xb,Yb), maka bila kita membidik posisi target/objek dengan jarak (distance) dan sudut (angle) dari posisi backsight maka kita akan mendapatkan koordinat target atau foresight yaitu (Xf,Yf).

Misalnya :

Posisi alat, Instrument koordinatnya (0 m,0 m) maka pada program dimasukkan Xi=0 dan Yi=0, selanjutnya instrument membidik patok belakang, Backsight yaitu dengan koordinat yang telah diketahui (-5m,5m), maka dimasukkan Xb=-5 dan Yb=5, kemudian alat tersebut dari posisi backsight yang telah dikunci berusaha membidik suatu objek dengan sudut 90,5 ° (searah jarum jam) dengan jarak yg diperleh alat sebesar 10 meter, setalah dimasukan Angle = 90,5° (atau 90° 30′ ) dan Distance = 10, diperoleh koordinat target (Xf,Yf) yaitu Xf = 7.132504491541816 meter dan Yf = 7.0090926429985085 meter.

Lihat ilustrasi berikut :

Untuk download program ini, klik disini POLYGON

2. Perhitungan Transformasi

Perhitungan ini bertujuan untuk memindahkan suatu titik objek yang koordinatnya telah diketahui, kesuatu titik yang berada tepat dalam suatu garis lurus secara tegak lurus. Dalam prakteknya kita berusaha menggeser suatu patok CP (center peg) yang tidak tepat pada jalur transmisi sehingga kembali pada jalur yang lurus.

Sebagai contoh, kordinat awal pada (9,1) dan koordinat akhir (1,9) yang bila dihubungkan akan membentuk satu garis yang lurus, bila terdapat koordinat yang berada diluar garis tersebut misalnya A (5,7) dan B(4,3), maka bila kita geser A dan B seara tegak lurus terhadap garis , diperoleh transfromasi titik A’ (4,6) dan B'(5.5,4.5).

Lihat ilustrasi berikut:

Untuk download program klik disini TRANSFORMATION

3. Perhitungan Setting-out

Perhitungan Setting-out adalah bertujuan untuk menempatkan suatu objek(misalnya patok) pada suatu koordinat (x,y) yang telah diketahui dari suatu perhitungan. Dari posisi Instrumen dan posisi Backsight yang telah kita kunci, maka kita dapat memutar Instrument sebesar suatu sudut dan sejauh jarak dari hasil perhitungan.

Sebagai contoh, bila Posisi Instrument pada koordinat (Xi,Yi), dan Posisi backsight dikunci yaitu (Xb,Yb), dan kita menginginkan untuk membuat suatu patok pada koordinat (Xf,Yf), maka kita harus membidik target pada sudut (Angle) dan jarak (distance) tertentu dari arah Backsight sehingga target berada diposisi (Xf,Yf) yang diinginkan.

Misalnya :

Posisi alat pada koordinat Xi=0, dan Yi=0, dan koordinat backsight yaitu patok belakang pada kordinat Xb=-5 dan Yb=5, diinginkan untuk menempatkan patok pada koordinat Xf= 7.132504491541816 dan Yf = 7.0090926429985085 berapa sudut dan jarak yang diperlukan sehinnga patok tepat berada pada posisi (Xf,Yf) tersebut.

Dengan memasukan data kordinat diatas kedalam program, kita harus memutar instrument dan membidik dengan Sudut (Aim angle) yang kita peroleh sebesar =90.5 ° dan sejauh Jarak (Distance) =10 meter dari posisi instrument.

Untuk download program ini, klik disini SETTING-OUT

Jika pembaca memperoleh kesalahan perhitungan, silahkan melaporkan kesalahan dalam comment di blog ini dengan contoh data perhitungan, supaya bisa dikoreksi.

Semoga bermanfaat.

Posted Friday 8 July, 2011 by Fellow in Land Survey

8 responses to “Kalkulator Surveyor

Subscribe to comments with RSS.

  1. dear mr Untung,..
    kami telah baca blog bapak mengenai perhitungan polygon /traverse
    kami coba masukkan nilai koordinat Instrument xi=0,yi=200 , backsight xb=0 ,yb=100 lalu kami coba masukkan sudut horisontal 180
    dan jarak 101m kemudian muncul secara otomatis xf=0 , yf=101 , yang jadi pertanyaan saya kenapa nilai yf nya jadi mengecil ?..
    menurut perhitungan saya xf=0 , yf=301. mohon pencerahan. Terimakasih.

    salam,

    nh

  2. Dear Mr. Huda, Terimakasih atas koreksi pertanyaannya Dari hasil run program ini tidak menghasilkan output yg sesuai. Dan saya akan mengkoreksinya. Sorry atas hal yg memalukan ini.

  3. Dear untungsuprayitno.wordpress.com,
    Kami pertama kalinya menjelajah ke blog bapak, karena kami sekarang sedang berjalan dan melaksanakan proyek transmisi, materi dan referensi yang ada di blog bapak sangat membantu. Maka kami mengucapakan terimakasih kepada untungsuprayitno.wordpress.com. Kami juga mohon ijin sebelumnya jika ingin menyalin beberapa tulisan dari blog ini untuk kami simpan sebagai tambahan referensi.

  4. Dear alfyan_h

    dalam beberapa tulisan di blog ini adalah sebagian interprestasi penulis saja, banyak hal lain yg mungkin sdh “updated” dan teruji. silahkan ambil yang diperlukan dengan bijak. terimakasih

  5. Dear untungsuprayitno.wordpress.com,

    Saya pemula di bidang transmisi, mohon bisa dijelaskan cara mengkonversi dari koordinat UTM ke Geografis….
    Mohon Bpak bisa menjelaskan.

  6. dear mr untungsuprayitno.

    Saya minta program perhitungan kalkulkator fx 4500 xp yang berhubungan dengan survey pemetaan
    trima ksh

  7. dear mr untungsuprayitno.
    Saya ingin memasukkan program ke calculator casio fx4500PA untuk menghitung jarak dan azimut, beserta nilai koordinatnya, gimana ya…saya mendapatkan kedua programable tersebut. atau kalau mr. untung punya bisa dong dibagi-bagi ……
    thanks……..

  8. Mohon maaf untuk yg komentar, program dalam bahasa Javascript pada link diatas masih banyak kesalahan. Saya saat ini mengembangkan program berbasis Android yg bisa melakukan fungsi diatas. File dapat didonlod. Silahkan dicek update-an blog ini. terimakasih

Berikan komentar atau pesan anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: