Pengolahan data survey jaringan transmisi   6 comments


<UNDER CONSTRUCTION>

Data pengukuran  survey jalur untuk selanjutnya dikalkulasikan dan berguna untuk proses penggambaran maupun data untuk kepentingan konstruksi. Data pengukuran disajikan kedalam bentuk form (formulir) isian oleh surveyor.

Referensi yang dipakai untuk pelaksanaan survey , yang umum disediakan :
– Project Map yang berisikan rencana jalur TL yang diplot pada skala 1:50000, biasanya peta diperoleh dari pihak BAKOSURTANAL;
– TL/Tower Schedule ,dari owner/PLN. (lihat gambar)

Data pengukuran dan perhitungan yang merupakan kertas kerja dalam kegiatan survey yang umum adalah :

Form Angel-Distance-Elevation Measurement (ADEM) yang bisa untuk kepentingan pengukuran profil memanjang jalur ataupun profil diagonal tapak tower. (lihat gambar). Khusus untuk sudut(angle) satuannya bermacam-macam, bisa dalam derajat-menit-detik (000°00’00”), atau desimal-derajat (000.000°) atau gon (grad). Untuk kepentingan pengukuran biasanya kami menggunakan satuan gon (000.0000 g) yaitu 1 g = 0.9° jadi 400 g = 360° ini bukan bermaksud untuk gaya-gayaan, melainkan sudah sistem turun temurun yang dilakukan surveyor kami. Sedangkan untuk jarak (distance) adalah jarak datar/horizontal dan ketinggian (elevasi) adalah jarak vertikal obyek dalam satuan meter dari permukaan tanag (ground level). Data ini berasal dari surveyor lapangan.

Form kalkulasi, Polygon-Transformation-Coordinate Calculation (PTCC) adalah form spreadsheet pada komputer untuk menghitung pengukuran poligon sistem terbuka, dan mentransformasi tiap titik object dari section yang lurus (dari tower type tension ke tower tension berikutnya), dan hasilnya menampilkan kordinat lokal (local coordinate), disini kita dapat melihat deviasi pengeseran posisi tower yang dari rencana semula. (lihat gambar). Dari kalkulasi ini akan dibuat rencana Setting-out/Plotting/Pegging patok tower CP, bisa berupa penggeseran ataupun penempatan patok baru.

Form Diagonal Profile Measurement Table (DPMT) adalah pengembangan dari form ADEM untuk kepentingan pengukuran diagonal tapak tower untuk penentuan ekstensi kaki2 tower. (lihat gambar)

Formulir kalkulasi Diagonal Profile Measurement and Chart (DPMC), adalah formulir hitungan dan grafis dari kondisi ditapak tower , untuk kemasing-masing posisi kaki/leg tower. Grafik ini berguna untuk menentukan Leg Extension (perpanjangan leg) untuk kaki2 tower (lihat gambar).

Dari hasil perhitungan Form PTC, maka dapat dibuat gambar profil memanjang (Longitudinal Profile Drawing) jalur beserta peta jalur (project map). Project map adalah peta jalur yang memuat informasi titik nomor lokasi tower yang diplot diatas peta berskala 1 : 50000. Sehingga posisi titik memiliki koordinat global (global coordinate), sehingga dapat dipindahkan pada peta pada alat GPS (Global Positioning System). (lihat gambar). Untuk kepentingan konstruksi dapat pula , kita mengetahui dengan cara mengukur di atas peta berupa data jarak angkut mobilisasi manual (langsiran) material konstruksi dari posisi jalan raya terdekat ke lokasi pelaksanaan konstruksi.

(bersambung)

Posted Friday 20 May, 2011 by Fellow in Land Survey

6 responses to “Pengolahan data survey jaringan transmisi

Subscribe to comments with RSS.

  1. slmt Pagi Pak sy baca artikel bapak tentang powline,mau nanya gimana caranya download PLS CAD Pak.terima kasih

  2. Dear Tomas, nah itu dia masalah kita..saya lagi nyari2 versi trial juga gak ketemu di mana-mana, Kayaknya lom ada “dermawan” yg memberikan link gratisan buat di donlod , soalnya harganya yg mahal sekali.

  3. Sebaiknya peta topo yang digunakan dengan skala 1:25000 dan pengeluaran / edisi baru dan apakah Total station bisa mengeluarkan data Azimut sebagai awal dari pelaksanaan pengukuran transmisi

  4. @Pramudji: Untuk skala besar 1:25000 lebih baik jika ada, tergantung tingkat keperluannya. Dan biasa juga dengan bantuan google earth kita dapat memplot koordinat global perencanaan dari jalur transmisi. Untuk azimuth awal bpk dapat menghitungnya sendiri, dan biasanya pengolahan data dalam bentuk Excel(spreadsheet) yang memudahkan untuk perhitungan polygon/traversing dan transformasi jalur.

  5. untuk PLS-CADD coba download manual di http://kzmx1.persiangig.com/pls-cadd.pdf/download dan aplikasi di http://www.4shared.com/rar/80QhxSZ7/PLS-Cadd_V92_with_crack.html mungkin bisa membantu bagi yg mau beli.

  6. boleh minta tlng share software pls-cadd nya pak? thanks

Berikan komentar atau pesan anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: