Proses tender proyek jaringan transmisi   3 comments


Berikut proses tender yang pernah diikuti penulis, tahap demi tahap.

1. Informasi Tender, informasi pelelangan proyek TL diperoleh dari Pengumuman di koran, Pengumuman yang ditempel resmi di kantor calon klien, website e-proc, ataupun undangan langsung berupa surat/fax dari calon owner. Informasi biasanya menyebutkan nama proyek, persyaratan mengikuti tender, jangka waktu penawaran, pagu proyek, pemilik proyek, sumber dana, harga dokumen tender, periode pembelian dokumen, tempat pembelian dll.

2. Pembelian dokumen tender, dalam dokumen tersebut ada aturan main bagi peserta tender dan proses-proses tender, model tahapan tender, seperti apakah first stage bidding atau dual stage bidding. Aturan tender yang umum untuk internasional biasanya mengacu ke sistem FIDIC. Informasi lain seperti : tatacara pembayaran pekerjaan, spesifikasi teknik dan standar yang dipakai, format surat penawaran, sistem penjaminan (bid bond, security bond, performance bond,dll), data-data yg disyaratkan dan dilengkapi dalam mengajukan surat penawaran, dan ketentuan lainnya.

3. Penyampaian Dokumen Prakualifikasi (bila menganut dual stage bidding), isi dokumen yang umum diminta adalah dokumen-dokumen resmi perusahaan, Laporan keuangan, Pengalaman kerja, Data personil perusahaan, Sertifikasi Kualitas, Pakta Integritas, dll. Dokumen Penawarn ini disebut juga dengan Administartion Offer. Peserta yang masuk kulaifikasi persyaratan akan diumumkan pemilik kerja, dan diizinkan untuk mengikuti proses berikutnya.

4. Rapat penjelasan tender, di undang oleh pemilik pekerjaan untuk diskusi tanya jawab tentang kontrak dan pelaksanaan proyek seperti yang tertuang di dalam dokumen tender. Aspek Administrasi dan Teknis dapat ditanyakan kepada pemilik pekerjaan. Bisa juga rapat penjelasan dilakukan pada saat Site Visit (Aan wijzing), mengunjungi lokasi pekerjaan.

5. Pemasukan Harga Tender (bila menganut sistem dual stage bidding), penyampaian harga penawaran (Technical and Commercial Offer) dilakukan setelah masa tanya-jawab berkaitan dengan proyek ditutup. Penyampaian harga juga dilengakapi dengan bid bond dengan jumlah tertentu, sampai batas waktu tertentu.

6. Pengumuman hasil tender, setelah evaluasi harga oleh klien/owner, maka diumumkan kontraktor peserta tender yang menawarkan harga, jumlah penawaran, diskon penawaran oleh owner. Disini selalunya penawaran harga terendah dianggap sebagai calon pemenang tender. Nominasi pemenang biasa diurutkan sampai tiga calon kontraktor.

7. Penanda tanganan Letter of Intent/LOI (Surat penunjukan pemenang ) oleh Owner.

8. Proses CDA (Contract Discussion Agreement), diskusi tentang dokumen kontrak antara kedua belah pihak, jika disetujui maka dilanjutkan dengan

9. Penanda tanganan Kontrak (Contract Agreement Signing), sebagai dasar perintah kerja dari pemilik pekerjaan (klien/owner) kepada pelaksana pekerjaan (kontraktor). Dalam kontrak hanya mengikat dua pihak yang menandatangani perjanjian, yaitu klien/owner dan kontraktor dan tidak ada yang lainnya. Penanda tanganan kontrak biasanya juga bersamaan dengan Kick-off Meeting.

Kontraktor pelaksana dalam tender proyek bisa terdiri dari satu perusahaan ataupun gabungan beberapa perusahaan yang bekerjasama dalam bentuk KSO (Kerja Sama Operasi) atau Konsorsium. Perjanjian biasanaya dibuat dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding) yang memuat wewenang dan kewajiban perusahaan yang bergabung, syarat perjanjian, porsi kerja, masa berlaku MoU, tanda tangan personil wakil perusahaan, dll. Biasanya MoU disahkan oleh notaris.

Posted Saturday 28 May, 2011 by Fellow in Project Management

3 responses to “Proses tender proyek jaringan transmisi

Subscribe to comments with RSS.

  1. thx info.ny….

  2. CDA tidak boleh dilakukan sebelum Tanda Tangan Kontrak karena akan menimbulkan perbedaan antara Dokumen Pengadaan dengan Kontrak. Tks

  3. Untuk Pak Antom, perlu dikoreksi bahwa CDA harus dilakukan sebelum tandatangan kontrak, Sehingga para pihak yg akan berkontrak harus setuju terhadap hasil diskusi terhadap persyaratan (contract terms) sebelum terjadi perikatan. Tq

Berikan komentar atau pesan anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: