Kalkulator Survey vs Ponsel Android   Leave a comment


Wabah sistem operasi Android pada ponsel gak bisa dibendung, cukup banyak “berkeliaran” ponsel lokal yang dipakai buat komunikasi disamping merk-merek lain yang cukup terkenal. Disamping itu pula sudah banyak aplikasi yang diinstall kedalam ponsel guna membantu pekerjaan disamping hiburan lainnya.

Ponsel android atau dikenal sebagai ponsel “robot ijo” ini juga tentunya akan banyak membantu jika kita bisa memanfaatkan aplikasi yang ada untuk berbagi tujuan. Ponsel dengan merek buah-buahan seperti apel dan blekberi juga bisa. Ponsel mbak Nukiem dan mas Samsul apalagi.

Bagi seorang surveyor lapangan yg banyak bergulat dalam masaalah pengukuran geodetic/ geodesi tentunya peran ponsel bisa saja menggantikan kalkulator handheld dalam melakukan perhitungan.

Fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan dalam sebuah ponsel android saat ini, antara lain:

– GPS (Global Positioning System) dengan istem koordinat global

РPeta  (Map) dengan citra satelit

-Navigasi (penunjuk arah jalan)

-Kompas

-Altimeter (Pengambilan posisi ketinggian dimuka bumi) dan mungkin dapat digunakan sebagai sebuah barometer.

– Accelerator dan proximity, gyroscope? untuk mengetahui bidang dan sudut

Dari semuanya itu, penulis mencoba mengembangkan suatu program aplikasi yg memudahkan surveyor lapangan dalam menghitung beberapa pekerjaan seperti berikut.

1. Penentuan koordinat (traverse)

Aplikasi ini berguna untuk menentukan koordinat jika diberikan sudut bidikan total station dan jarak yang terukur pada bidikan. Data berupa koordinat backsight dan koordinat posisi alat (instrumen),

Perhitungan dalam aplikasi ini baru dikembangkan hanya menggunakan jarak dalam satuan meter dan sudut dalam satuan derajat (decimal degree) bukan dalam satuan derjat-menit-detik atau gon sepertuii yg dikenal surveyor. namun dapat dikonversikan secara manual dengan kalkulator.

Penulis membuat aplikasi ini dalam bentuk file.APK yg umum bisa diinstall kedalam ponsel android. Pembaca bisa mendonlodnya, menginstall dan menjalankannya.

Ponsel yg dilakukan untuk program ini adalah ponsel Samsung Chat GT-B5330 dengan OS Jelly Bean. Untuk pemboca yg mempunya versi lain bisa mencoba, dan ditunggu komentar serta sarannya.

Penampakan diponsel seperti berikut:

Screenshot_2014-04-16-19-18-50

Download APK-nya disini https://drive.google.com/file/d/0B1j-NG5a55ylaEpaMUNOT0UxN28/edit?usp=sharing

b. Penentuan Sudut dan Jarak

Perhitungannya adalah dengan memasukkan koordinat dari patok backsight dalam bentuk koordinat x dan y atau Easting dan Northing dalam satuan meter. Selanjutnya koordinat posisi instrumen dan posisi target (Foresight).Kemudian akan tekan tombol kalkulasinya seterusnya muncul sudut (bearing angle) yang dibentuk dalam satuan derajat desimal dari patok backsight searah jarum jam (clockwise) .

Penampakannnya seperti berikut:

Screenshot_2014-04-16-19-18-30

File programnya dapat disedot pada link berikut ini https://drive.google.com/file/d/0B1j-NG5a55ylbnBqWWFiNXE5TXc/edit?usp=sharing

c. Untuk perhitungan lainnya sedang dikembangkan. Sabar aja ya..

 

 

Berikan komentar atau pesan anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: